BERBAGI CINTA Mungkinkah?

berbagi cinta

Berbagi Cinta

Pertanyaan yang selalu menggelayuti banyak hati, baik pria maupun wanita, adalah bisakah kamu mencintai dua hati sekaligus pada saat yang sama? Bisakah kamu berbagi cinta pada dua orang pada waktu yang sama?

Aaron Ben-Zeev, penulis buku In The Name of Love, menuliskan hasil wawancaranya dengan banyak pasangan kekasih dan pasangan suami-istri bahwasanya mereka mengakui mampu mencintai beberapa orang sekaligus secara romantik, dan bahkan benar-benar mencintai, pada satu waktu yang sama. Meski mereka sudah memiliki pasangan.

Kok bisa? Karena kamu bisa saja jatuh cinta pada seseorang karena satu alasan, lalu mencintai seseorang yang lain karena satu alasan yang berbeda. Dalam satu konteks, bisa saja hubungan percintaan yang bercabang berada pada dua tahapan yang berbeda: yang satu bersifat ROMANTIKA belaka, sedang yang satu berada tahapan yang lebih DEWASA.

Secara psikologis, seseorang bisa mencintai dua orang sekaligus pada satu waktu.

Percabangan cinta berasal dari perasaan atau emosi yang menuntut bagian-bagian atau keterbagian. Artinya ada satu kebutuhan untuk saling mencintai karena ada bagian darimu yang kosong yang butuh diisi oleh seseorang yang lain, dan itu tidak bisa diisi oleh kekasihmu saat ini. Tentu secara emosi, sangat menyakitkan ketika melihat atau membayangkan kekasihmu atau suamimu atau istrimu berada dalam pelukan orang lain. Dan menurut Aaron Ben-Zeev, orang-orang yang mengaku terlibat dalam hubungan dua asmara juga merasa bersalah dan tidak mau jika harus berada pada “posisi yang diduakan”. Sehingga memang, sungguh sangat sulit untuk berbagi “kekasih” dengan orang lain.

Nah, yang perlu diketahui adalah pada beberapa masyarakat di belahan dunia lain, kebebasan membolehkan pasangannya untuk berbagi cinta dengan seseorang yang lain menimbulkan persoalan yang lebih dalam: percabangan cinta yang mewarnai sistem emosi, terutama rasa cemburu, rasa takut, rasa terhina, rasa sakit, dan rasa pedih tetap saja akan lahir ketika menyadari bahwa seseorang yang sangat kamu cintai ternyata jatuh cinta pada orang lain.

©RibutWahyudi

Sumber gambar: People photo created by katemangostar – www.freepik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *