A General Introduction To Psychoanalysis, Pengantar Umum Psikoanalisis


Saya tidak tahu sejauh mana yang Anda tahu, baik dari membaca atau dari pembicaraan orang lain, tentang psikoanalisis. Tapi sesuai dengan judul tulisan ini Pengantar Umum Psikoanalisis saya berkewajiban untuk melanjutkan seolah-olah Anda belum tahu apa-apa tentang hal ini, dan membutuhkan panduan awal.
Setidaknya ada satu hal yang saya anggap telah Anda ketahui, yaitu psikoanalisis merupakan metode perawatan medis bagi pasien dengan gangguan saraf. Dan pada saat ini saya bisa memberi Anda sebuah contoh untuk menggambarkan bagaimana prosedur di bidang ini justru kebalikan dari prosedur yang merupakan aturan dalam ilmu kedokteran. Biasanya, ketika kami memperkenalkan kepada pasien teknik medis yang aneh bagi dia, kami meminimalkan kesulitannya dan memberi dia janji yang meyakinkan mengenai hasil pengobatan. Namun ketika kami melakukan perawatan psikoanalitik pada pasien neurotik, kami melakukan dengan cara yang berbeda. Kami menjelaskan kepada dia kesulitan-kesulitan metode tersebut, panjangnya, pengerahan tenaganya dan pengorbanan yang akan dijalaninya; dan akibatnya kami katakan padanya bahwa kami tidak bisa menjanjikan sesuatu yang pasti, bahwa hasilnya tergantung pada usahanya sendiri, pada pemahamannya, pada adaptasinya, pada kegigihannya. Tentu saja kami memiliki motif yang sangat kuat untuk melakukan hal yang tampaknya begitu kejam, dan Anda akan memahaminya nanti lewat pelajaran-pelajaran ini.
Oleh karena itu, jangan tersinggung, jika untuk saat ini, saya memperlakukan Anda seperti yang saya memperlakukan pasien-pasien neurotik. Terus terang, saya tidak akan meminta Anda untuk mendengar saya untuk kedua kalinya. Dengan niat ini saya akan menunjukkan ketidaksempurnaan apa yang selalu terlibat dalam pengajaran psikoanalisis dan kesulitan-kesulitan apa yang akan Anda hadapi dalam memperoleh penilaian pribadi Anda sendiri. Saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana seluruh kecenderungan dari latihan Anda sebelumnya dan semua kebiasaan mental Anda mau tidak mau telah membuat Anda menentang psikoanalisis, dan betapa banyak yang Anda harus atasi dalam diri Anda sendiri untuk menguasai perlawanan naluriah ini. Tentu saja saya tidak bisa memprediksi berapa banyak pemahaman psikoanalisis yang akan Anda dapatkan dari pelajaran-pelajaran saya, tapi saya bisa menjanjikan ini, bahwa dengan mengikuti pelajaran-pelajaran itu, Anda tidak perlu belajar bagaimana menjalani perawatan psikoanalitik atau bagaimana melakukan perawatan psikoanalitik sampai selesai. Selain itu, bila saya menemukan di antara Anda yang tidak merasa puas dengan pengenalan sepintas tentang psikoanalisis ini, tetapi ingin mempelajarinya lebih lanjut dan lebih mendalam, saya tidak hanya akan mencegahnya, tapi saya akan benar-benar memperingatkan dia untuk menentangnya. Karena pada saat ini, dengan menjadikannya sebagai pilihan profesi, seseorang akan merusak setiap kesempatannya untuk sukses di universitas, dan jika dia menghadapi dunia sebagai seorang dokter praktik, dia akan berada dalam masyarakat yang tidak mengerti tujuannya, yang memandangnya dengan kecurigaan dan permusuhan, dan yang kemudian menganggapnya menyimpan bahaya laten nafsu kejahatan dalam dirinya.
Namun selalu ada individu-individu yang tertarik pada apa pun yang dapat ditambahkan ke dalam keseluruhan pengetahuan, meskipun dengan ketidaknyamanan tersebut. Bila ada yang seperti ini di antara Anda, dan bila mereka mengabaikan peringatan saya dan tetap melanjutkan ke pelajaran yang selanjutnya dari pelajaran-pelajaran ini, mereka akan disambut dengan baik. Tapi Anda semua memiliki hak untuk mengetahui kesulitan-kesulitan dari psikoanalisis yang telah saya singgung.

. . .


Beli Buku Ini...